Klasifikasi Batu Permata

Untuk mempermudah mempelajari batu permata, para ahli batuan atau Gemologist telah mengelompokan batu-batu ke dalam Spesies dan Varietas. Dengan adanya pengelompokan ini untuk proses identifikasi lebih mudah dan cepat.
Spesies adalah kelompok batuan yang pada dasarnya mempunyai susunan atau komposisi Kimia, sifat fisik dan struktur kristal yang sama.
Varietas adalah turunan atau subkategori dari spesies yang ditentukan berdasarkan atas warna, transparansi dan fenomena. Contohnya Varietas dari spesies quartz adalah Amethys (ungu), Citrine (kuning), Rock Crystal (tanpa warna), Smoky Quartz (coklat) dan sebagainya.
Grup Adalah kelompok batuan diluar spesies dan varietas yang mempunyai persamaan struktur kristal dan bahan kimia namun sedikit berbeda dalam hal sifat fisik dan optiknya.Sebagai contoh Grup Garnet terdiri dari Almandite (mengandung unsur Iron) dan Pyrope (mengandung Magnesium).
Setelah membaca tulisan ini Anda akan tahu  kalau Amethys dan Citrine adalah spesies yang sama hanya warna yang membedakannya. Mereka termasuk dalam spesies Quatz.  Sama dengan Corundum dia mempunyai Varietas Safir dan Ruby.***
Semoga Bermanfaat
Sumber : https://sinarpermata.wordpress.com/2013/01/24/klasifikasi-batu-permata/
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

[ pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan koment, terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini dan semoga bermanfaat ]

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oppoest - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gigloplus
Proudly powered by Blogger