Buah Ilmu


“Ilmunya orang munafiq itu ada di lisannya, sedangkan ilmunya orang mukmin itu ada di amalannya.

Pengertian ilmu : ilmu adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang untuk lebih mengerti akan suatu hal dengan cara melalui pengajaran. Ilmu bisa diperoleh melaui lingkungan sekitar ataupun di dalam lembaga pendidikan seperti sekolah, akademi, universitas, ataupun lembaga bimbingan. Ilmu dibagi menjadi dua, yaitu ilmu akademik dan ilmu non-akademik. Ilmu akademik adalah ilmu yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan seperti contoh : Matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu pengetahuan Sosial), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Sedangkan Ilmu non-akademik adalah ilmu yang diperoleh dari aktivitas sehari-hari seperti contoh : Ilmu memasak, memperbaiki sesuatu, ilmu cinta, serta masih banyak lagi ilmu yang tidak menggunakan teori yang lainnya. Ilmu akan dapat membuat seseorang lebih mengetahui akan suatu hal. Dengan adanya ilmu juga diharapkan seseorang bisa lebih cerdas dan terampil dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang ada.
Menuntut ilmu juga wajib bagi setiap umat islam. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hadits dan surat dlam Al Qur’an yang mengatur tentang ilmu. Ilmu ada yang berdampak positif namun juga ada yang berdampak negatif. Semua itu tergantung dari niat seseorang untuk menuntut ilmu dan juga jenis ilmu yang dipelajari, Seperti contoh : Ilmu mencopet akan memberi dampak yang negatif karena ilmu tersebut nantinya digunakan untuk mencopet sehingga dapat merugikan orang lain dan juga diri sendiri.
Dalam mendapatkan cinta dari seseorang pun ada ilmunya. Setiap orang dalam melaksanakan sesuatu pasti ada ilmu untuk melaksanakannya agar suatu pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal dan juga agar mendapatkan hasil seerti yang diinginkan. Kebodohan akan membuat seseorang menjadi terbelakang dan tertinggal dari yang lainnya. Selain itu di bidang kemajuan teknologi, kebodohan akan dapat mengakibatkan seseorang menjadi Gaptek atau gagap teknologi sehingga tidak akan bisa mengerti setiap kemajuan teknologi yang ada.
Kualitas hidup dari seseorang sangat dipegaruhi oleh ilmu yang dimiliki. Semakin tinggi ilmu yang dimiliki maka peluang seseorang untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi semakin terbuka lebar.
Ilmu sangatlah bermanfaat karena dengan ilmu seseorang bisa mendapatkan uang, namun uang tidak akan bisa untuk membeli ilmu terkecuali jika ia masih duduk di bangku sekolah. Setiap ilmu yang ada di dunia sebisa mungkin harus dikuasai karena akan menambah pengetahuan akan suatu hal. Banyak sekali seorang pengusaha yang sukses hanya dengan modal yang terbatas.
Hal tersebut karena dia memiliki modal lainyang lebih berguna, yakni ilmu. Dengan adanya ilmu tersebut tentu akan membuat pengusaha menjadi tahu  segalanya tentang strategi pemasaran, serta mengetahui prospek yang bagus untuk suatu produk yang dihasilkannya. Maka sudah sangat jelas sekali bahwa ilmu dapat membeli uang dan uang tidak bisa membeli ilmu.
Apa buah dari ilmu itu sendiri ? sebagian besar berpendapat :  
Sesungguhnya ilmu adalah pohon, sedangkan amal adalah buahnya. orang yang tidak mengamalkan ilmunya tidaklah dianggap sebagai orang yang berilmu .
“Ilmu tanpa amal seperti pohon tanpa buah.

Dan manakah yang engkau cintai , menuntut ilmu atau beramal ?

“sesungguhnya ilmu itu dicari untuk di amalkan, maka janganlah engkau meninggalkan menuntut ilmu dengan alasan sibuk beramal , dan janganlah engkau meninggalkan amal dengan alasan sibuk menuntut ilmu.

Yang perlu kita ingat adalah, bahwasanya penyakit hati yakni kesombongan akan selalu mengiringi seseorang yang ber-ilmu,  sombong karena merasa sudah tahu atau mengerti.

Mereka tidak sadar bahwa betapa kecil ilmu yang diberikan-NYA , jika di ibaratkan laut adalah ilmu-NYA maka ambilah jarum dan celupkanlah, angkatlah jarum maka tetesan air dari jarum tersebut adalah ilmu yang diberikan-NYA kepada seluruh mahkluk di bumi ini .

Dari redaksi : Buah dari ilmu adalah kerendahan hati , kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, dan melangkah , semakin tinggi ilmu kita hendaknya selalu merendah agar terhindar dari penyakit hati yakni kesombongan, karena barang siapa yang merendahkan diri , insya allah akan di angkat derajatnya – amin .

Salam

  

Referral Banners
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

[ pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan koment, terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini dan semoga bermanfaat ]

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oppoest - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gigloplus
Proudly powered by Blogger