Khasiat Buah Manggis

Selain terkenal kota paranormal dan kota santri, Kota Pati juga terkenal dengan julukan kota manggis, dimana buah manggis sudah termasuk komuditi utama di kota tersebut, buah manggis yang mempunyai nama latin Garcinia mangostana merupakan buah yang berassal dari Asia Tenggara. The queen of fruits tumbuh di hutan dan dataran tinggi tertentu yang beriklim tropis seperti di Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Myanmar dan Thailand serta di Hawaii dan Australia Utara. Manggis merupakan salah satu tanaman buah tropika yang tumbuhnya paling lambat, tetapi umurnya juga paling panjang. Buah yang memiliki rasa yang unik manis keasam-asaman tidak hanya lezat tapi juga berkhasiat. 
1. Mengurangi berat badan
Masalah kegemukan terjadi karena membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Dan ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut.

3. Mengembalikan stamina dan meningkatkan energi
Buah manggis berkhasiat memulihkan stamina. Beberapa orang yang memakan buah manggis secara teratur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.

4. Menyembuhkan asma
Asma tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.

5. Mencegah gangguan penglihatan
Katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi manggis yang mengandung antioksidan.

6. Menyembuhkan dan mencegah kanker
Sekarang ini sedang dilakukan penelitian yang tiada henti tentang khasiat buah manggis terhadap penyakit-penyakit kanker. Hasil penelitian sementara, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru,kanker hati, dan kanker usus.

7. Memelihara pencernaan
Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.

8. Mengobati dan mencegah diabetes
Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.

9. Manggis Untuk Mencegah Serangan Jantung 
Penyakit jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang berada di sekitar jantung tidak lagi elastis. Zat antioksidan dan antimikorbial dalam manggis memiliki kemampuan memulihkan pembuluh darah menjadi elastis. Dengan elastisitas pembuluh darah di sekitar jantung yang terjaga, maka jantung akan tetap dalam kondisi sehat.

10. Menetralisir zat radikal bebas
Kandungan catechins yang terdapat dalam buah manggis telah terbukti mampu melawan zat radikal bebas bahkan lebih efektif ketimbang vitamin C dan vitamin E. Bahkan pernah diluncurkan sebuah buku yang secara khusus membahas buah manggis, di dalamnya tertulis mengkonsumsi buah manggis setiap hari sama halnya mengkonsumsi suplemen.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, jika anda menginginkan kesehatan dan kecantikan yang sempurna maka konsumsilah buah manggis setiap hari untuk hari-hari anda yang jauh lebih baik. 
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

[ pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan koment, terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini dan semoga bermanfaat ]

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oppoest - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gigloplus
Proudly powered by Blogger