Khasiat Daun Pakis Untuk Kesehatan

Daun pakis memang kurang begitu populer di pulau jawa. namun di sumatera, daun pakis nyaris dikonsumsi sehari-hari, khususnya dalam sajian gulai daun pakis yang disantap bersama lontong. daun ini umumnya hanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dan belum terlihat di supermarket. jadi jika ingin mencicipinya, cobalah mencarinya di pasar tradisional di sekitar tempat tinggal anda.

ada banyak jenis daun pakis dari kelompok tanaman pakis. di antara sekian jenis pakis, terdapat pakis sayur (Diplazium esculentum) yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat di kawasan asia tenggara, termasuk Indonesia. tanaman pakis umumnya tidak dibudidayakan, tetapi tumbuh liar di tepi sungai, tebing yang lembab, dan di dalam hutan.

warna daun pakis umumnya hijau tua. ini memang menunjukkan tingginya kadar klorofil (zat hijau daun) pada daunnya yang baik untuk membantu regenerasi sel dalam tubuh kita. begitu juga kandungan betakaroten yang cukup tinggi dapat membantu sistem imunitas tubuh, khususnya terhadap timbulnya infeksi.
untuk pakis konsumsi, biasanya masyarakat memetik daun pakis yang masih muda karena teksturnya masih empuk. jika sudah tua, daun pakis menjadi sangat berserat, cukup keras, dan tidak enak untuk dimakan.
kandungan vitamin C daun pakis cukup tinggi, yaitu 30 miligram per 100 gram. vitaminC yang tinggi berkaitan dengan pembentukan kolagen yang menyokong pondasi jaringan ikat, seperti tulang rawan, membran kapiler, dan penyembuhan luka. tak hanya itu, kandungan kalsiumnya mencapai 42 miligram, serta fosfornya 172 miligramnya dalam setiap 100 gram daun pakis. jadi asupan kedua zat ini bisa mengurangi resiko rematik dan rapuhnya tulang.

daun pakis juga diperkaya flavonoid dan polifenol yang punya khasiat sebagai antioksidan dan antibakteri. nah dengan semua kandungannya, tentu daun pakis layak untuk menjadi salah satu koleksi sayur yang ada dalam menu di rumah anda. tak hanya digulai, daun pakis juga enak dibuat tumisan, atau sekedar menjadi sayur urap. selamat mencoba dan tetap sehat!

Adapun khasiat yang lain adalah :
  1.  Hepatitis
  2.  Amandel
  3.  Darah tinggi
  4. Penyembuh luka
  5. Luka bernanah atau luka bakar



Share this article :
 
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. ada tips buat atasin lemah jantung kga pak? penyebabnya karena penumpukan korestrol dalam saluran darah ke jantung jadi bikin jantung lemah.

    kalo ada tolong dibagi ya hehe... Thanks

    BalasHapus
  2. untuk atasin lemah jantung akibat penumpukan kolestrol adalah mengkonsumsi petai bu dian, di artikel berikutnya saya akan posting tentang petai

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bro itu mengkonsumsinya seberapa banyak?? dan seberapa sering?? kan kaga mungkin kalo ane makan tiap hari hehe... thanks

      Hapus
    2. untuk konsumsi petai sewajarnya aja sebagai lalapan, klo terlalu banyak bisa ngabur tuc orang di sekitar kita, tapi untuk hilangin bau petai katanya ada trik, yakni selesai makan petai , makan kulitnya dikit he he he ...yang terpenting, jika dalam 1 minggu mengkonsumsi petai terus harus ada jeda 3-4 hari seterusnya bisa di lanjut , karena jika mengkonsumsi dalam jangka waktu panjang tidak di kasih jeda , akan membuat kerja ginjal terlalu berat he he he he

      Hapus
  3. Quantum Binary Signals

    Professional trading signals sent to your cell phone daily.

    Follow our signals today & gain up to 270% a day.

    BalasHapus

[ pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan koment, terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini dan semoga bermanfaat ]

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oppoest - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gigloplus
Proudly powered by Blogger