Indahnya Perhiasan Kalung Emas Pada Masa Lampau

Perhiasan berupa kalung emas itu sangat indah sekali. Pada bagian tengahnya terdapat semacam liontin yang bertahtakan batu mulia.Desainnya sangat artistik dengan nuansa klasiknya. Ada yang istimewa dengan perhiasan itu karena merupakan jejak perhiasan dari  kerajaan dan peradaban  pada masa lampau.

Tetapi sayang, seperti nasib banyak arca dan mahkota emas dari kerajaan dan kesultanan di nusantara, kalung emas itu merupakan salah satu perhiasan yang menjadi koleksi museum di luar negeri. Selain itu ada juga perhiasan emas yang menjadi koleksi di museum di nusantara.
   
Melalui situs Wilwatikta Online Museum kita bisa menyimak beberapa perhiasan emas yang yangat berharga itu.
  

1. THE METROPOLITAN MUSEUM OF ART

Museum yang berlokasi di 1000 5th Avenue, New York, NY – USA inilah yang memiliki koleksi kalung klasik dari daerah Jawa Timur dan diperkirakan dibuat pada masa abad Ke-8 itu.

Kalung itu memiliki dimensi desain  pada bagian tengah  5/8 in. (1.6 cm) dan lebar desain bagian tenganya  1 3/4 in. (4.4 cm). Panjang kalung secara keseluruhan 16 in. (40.6 cm). Tentu bisa Anda bayangkan betapa cukup panjangnya kalung emas ini.

Museum ini juga memiliki koleksi perhiasan emas berupa kalung kebesaran kerajaan dari JawaTengah yang diperkirakan berasal dari masa abd ke-9. Kalung itu berdimensi  tinggi  1 1/8 in. (2.9 cm), lebar  5 in. (12.7 cm) dan panjang  15 1/4 in. (38.7 cm) Koleksi ini di pajang pada Galeri 247. 

 

Ada juga koleksi perhiasan emas lainnya berupa liontin Kebesaran Kerajaan dari Jawa Tengah pada abad ke-8 - abad ke-10. Perhiasan ini sangat  indah dengan bertahtakan tiga batu mulia yang disusun secara bertingkat. Untuk koleksi yang satu ini tidak dipajang di galeri. 
  


2.  Barakat Gallery 

Galeri Seni yang berlokasi di 421 North Rodeo Drive, Beverly Hills, CA – USA ini menyimpan kalung emas dari Kerajaan Bali. Kalung itu memiliki hiasan di bagian tengah dengan motifornamen khas bali dengan ukuran yang cukup besar.

Sayang tak ada banyak informasi yang disampaikan tentang kalung emas itu. 
  
3. The Museum of Fine Arts Houston 
  
Seolah tak mau kalah , museum yang berada di  1001 Bissonet, Houston, Texas 77005 ini juga menyimpan koleksi perhiasan emas berupa kalung  dari Indonesia yang bentuk dan ukurannya cukup besar dengan hiasan batu permata dan batu mulia menghiasi bagian permukaan kalung.

Kalung untuk Raja itu berasal dari Kerajaan Singaraja di bali dan. diperkirakan dibuat pada masa tahun 1890an. Dimensi kalung  itu adalah  31,75 cm x 25,08 cm x 0,95 cm.

Pada masanya,  Kalung Kebesaran Kerajaan ini dibuat oleh Istana Singaraja untuk suatu peristiwa perkawinan penting dalam kerajaan untuk menunjukkan bahwa pada saat itu kerajaan sedang dalam keadaan makmur yang ditunjukkan dalam upacara adat dan keagamaan.

Yang menarik, perhiasan yang dibuat pada masa Raja Gusti Agung Gede Agung itu pada hampir semua bagiannya menggunakan bahan emas murni.  

Sumber : http://www.jelajah-nesia.blogspot.com/2013/02/indahnya-perhiasan-kalung-emas-pada.html
Share this article :
 
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. perhiasannya bagus2 banget ya mau doongggg

    BalasHapus
  2. kalung emasnya mahal2 pasti nih ya hehehe

    BalasHapus
  3. kalung emas nya bikin ngiler aja ya hehehe

    BalasHapus
  4. @ all : parahnya lagi nic gan kga di miliki museum indonesia, padahal ini perhiasan asli dari indonesia , yac betapa tinggi peradapan indonesia zaman itu sehingga bisa membuat bentuk perhiasan dengan tingkat kesulitan yang cukup rumit, so artistik banget gan ...

    BalasHapus

[ pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan koment, terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini dan semoga bermanfaat ]

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oppoest - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gigloplus
Proudly powered by Blogger